Kenapa Harus Pindah?

Minggu ini merupakan minggu pertama di term 4 untuk tahun ajaran ini. Di minggu ini juga akhirnya saya memberitahukan anak-anak yang saya ajar bahwa tahun ajaran depan saya tidak akan bersama mereka lagi. Saya beri tahu mereka kalau di bulan Juni saya akan pindah ke Jakarta. Pihak sekolah tempat saya bekerja pun sudah mengetahui rencana kepindahan saya sejak 3 bulan yang lalu, di akhir semester 1. Beberapa rekan guru pun sudah mengetahui hal ini.

Seperti yang dikatakan Om Newton dalam hukum ketiga mengenai gerak yaitu untuk setiap aksi selalu ada reaksi. Maka aksi kepindahan yang saya umumkan ini pun menghasilkan satu reaksi yang sama dari berbagai pihak. Reaksi tersebut muncul dalam sebuah pertanyaan.

Kenapa pindah?

Sebelum saya memberikan pernyataan jawaban saya, asumsi yang timbul adalah karena pasangan saya ada di Jakarta makanya saya pindah karena saya tidak mau LDR.

Hmmmm….wajar sih muncul asumsi seperti itu. Namun, saya tidak ingin mengulang-ulang menceritakan jawaban atas pertanyaan besar tersebut. Berikut saya coba uraikan satu per satu alasan saya.

Kuliah

“Lah kenapa dulu ga ambil di Bandung aja? Jadi kan ga perlu bolak balik dan ga perlu pindah.”

Iya. Kenapa ya saya dulu ga kuliah di Bandung saja. Tahun lalu saat memutuskan hal ini saya memilih kampus itu karena merupakan almamater saya yang tentunya memberi keringanan biaya di beberapa hal. Maka jarak Bandung-Jakarta pun tidak masalah buat saya.

Namun, segala sesuatu harus diuji terlebih dahulu agar saya tahu kebenarannya (duh…kata-katanya :D) Setelah 1 semester saya menjalani perkuliahan, saya merasa lelah untuk pulang pergi Bandung-Jakarta. Pergi subuh pulang malam. Untung saja ada t***k a***n yang setia menemani perjalanan sehingga tetap bertahan.

Jarak Sekolah-Rumah

Rumah saya ada di Bandung Timur dan sekolah saya ada di Bandung Barat. Kebayang waktu tempuh yang harus dijalani setiap harinya.

“Lah terus kenapa dulu ambil kerjaan di sekolah ini? Kenapa bukan cari sekolah yang lebih dekat?”

Alasan ini berkorelasi dengan alasana sebelumnya. Setiap hari pulang pergi 21 km + 21 km kemudian di hari Sabtu pulang pergi 120km + 120km. Saya mencoba untuk bertahan dan menguatkan badan saya. Namun, tubuh memiliki alarm tersendiri untuk mengingatkan ketika saya sudah terlalu lelah.

Thesis

Semester 3 merupakan saat bagi saya untuk membuat thesis sebagai syarat kelulusan saya. Dalam membuat thesis diperlukan yang namanya bimbingan dengan dosen pembimbing. Jika saya harus pergi bertemu dosen pembimbing 2 kali seminggu, terbayang biaya yang harus saya keluarkan.

Keteteran

Pulang sekolah sampai rumah sudah malam. Masih harus belajar, mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan sekolah dan pekerjaan rumah tangga. Saya belum pandai membagi waktu untuk ini semua. Saya hanya tidak ingin pekerjaan dan kuliah saya keteteran dan keduanya tidak maksimal.

Jiwa Merantau

Setelah 7 tahun merantau di tanah orang, membuat saya ingin kembali merantau. Rumah terlalu nyaman buat saya. Padahal ada sedikit kekhawatiran juga untuk merantau kembali setelah 2 tahun di rumah.

Si Pacar

Uhuk…..

Sebenarnya Abang pacar ini dipertemukan dengan saya jauh setelah saya memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Semacam bonus dari Tuhan. 🙂

 

Yah….itulah alasan-alasan saya untuk pindah ke Jakarta. Masih ada sebenarnya alasan lain yang sifatnya benar-benar pribadi sehingga tidak bisa saya bagikan di sini. Cukup saya dan Tuhan saja yang tahu. Dari tulisan saya ini pun pasti akan ada berbagai macam reaksi. Namun, satu pinta saya adalah tolong doakan agar saya dapat menikmati kehidupan saya yang baru 2 bulan lagi. Terima kasih.

Bandung, 2 April 2017

 

One thought on “Kenapa Harus Pindah?

Leave a Reply

